weLcomE iN our BloGger
this is Very beAutiful blogger

Sabtu, 23 Oktober 2010

Jalur Alternatif Purworejo-Yogya Longsor

image Purworejo, CyberNews. Hujan deras disertai petir yang terjadi di Kabupaten Purworejo Minggu (17/10) malam menimbulkan bencana alam. Jalur alternatif yang menghubungkan antara Kabupaten Purworejo dengan wilayah Yogyakarta bagian barat tertimbun material tanah longsor dari tebing. Akibatnya akses jalan sempat terputus.
Meskipun material tanah sudah disingkirkan warga dengan cara kerja bakti, namun belum bisa bersih total. Sisa-sisa meterial longsoran yang ada mengakibatkan jalanan kotor dan licin. Akses jalan masih terhambat dan diperkirakan baru bisa normal sepekan ke depan.
Longsoran tebing itu terjadi di beberapa titik. Di wilayah Kecamatan Kaligesing sendiri setidaknya ada empat titik longsoran yang cukup besar. Yakni tiga titik di Desa Kaliharjo dan satu titik di Desa Tlogoguwo. Hingga pukul 12.00 kemarin, longsoran tanah di Dusun Gogolawas, Desa Tlogoguwo masih menutup jalan. Dibutuhkan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran.
Diman (50), warga setempat mengungkapkan, sebelum terjadi longsor wilayah tersebut diguyur hujan sangat deras pada Minggu (17/10) mulai pukul 20.00. "Hujan berlangsung sampai dini hari," katanya.
Diungkapkan, longsor di Dusun Gogolawas terjadi sekitar pukul 00.00. Pagi harinya warga bekerja bakti untuk membuka akses jalan sementara supaya tidak menghambat anak-anak sekolah. "Kalau dilalu kendaraan roda dua bisa, tapi kalau roda empat sulit," katanya.
Camat Kaligesing Pracoyo SSos yang dimintai konfirmasi mengungkapkan, material tanah longsor yang menutup jalan panjangnya sekitar 10 meter dengan ketinggian lima meter. "Kami sudah koordinasi dengan Bina Marga Provinsi. Rencananya Selasa (19/10) besok akan diturunkan alat berat untuk membersihkan longsoran," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar